Diskusi Bersama Antara Jurusan dengan Himpunan Mengenai Website

Di era sekarang ini, website bukan hanya sebagai alat pertukaran informasi, tetapi juga untuk mengukuhkan eksistensi nama sebuah organisasi khususnya di dunia maya ini. Teknik Industri Unsoed dapat terbilang masih berusia muda, belum banyak yang mengenal khususnya di kalangan siswa yang ingin mencari informasi seputar perguruan tinggi. Website jurusan bisa menjadi salah satu kunci eksistensi ini. Karena itu dilaksanakanlah diskusi bersama website jurusan ini antara dosen pengelola website yaitu Bapak Hasyim Asyari dengan staff Media & Public Relations (MPR) beserta Ketua Umum HMTI Unsoed pada Senin, 6 Mei 2019 bertempat di Ruang Dosen Teknik Industri.

                     Data Peringkat Unsoed Berdasarkan Statistika Alexa

Diskusi dibuka dengan pemaparan informasi mengenai peringkat Universitas Jenderal Soedirman berdasarkan hasil pencarian masyarakat di internet melalui website perguruan tinggi. Dari data Alexa, hasilnya adalah domain unsoed.ac.id meningkati peringkat di Indonesia ke 871 dan dari webometrics ke 2908 di peringkat dunia. Hal ini bukanlah sesuatu yang bisa dibanggakan. Untuk itu pemberdayaan website khususnya website jurusan ini perlu ditingkatkan. Jurusan Teknik Industri menginginkan adanya kerjasama dengan MPR HMTI untuk masalah ini. MPR HMTI dianggap sebagai agen yang tepat untuk pengelolaan ini, karena seperti yang kita ketahui divisi dalam himpunan ini yang berbasis penyebaran informasi kepada masyarakat luas dan sedang aktif memberdayakan website himpunan juga.

        Diskusi Pentingnya Pemberdayaan Website

Berita yang up-to-date dinilai sebagai salah satu cara untuk pemberdayaan ini. Untuk itu HMTI dituntut untuk aktif di bidang jurnalistik, meliput setiap kegiatan jurusan Teknik Industri baik itu dari kalangan Dosen, Mahasiswa, Himpunan sampai kegiatan yang lain yang melibatkan mahasiswa jurusan Teknik Industri di dalamnya. Contohnya yaitu berita mengenai Seminar Nasional, Kuliah Umum, perlombaan, pelatihan software dan lain sebagainya. Sebagai bentuk kerjasamanya, himpunan nantinya akan diberi bantuan oleh dosen akan hal akademik seperti hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah yang diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa yang akan melaksanakan penelitian.

Bapak Hasyim Asyari Menjelaskan Panduan Akses Website

Untuk kemudahan himpunan dalam mempublikasikan beritanya, jurusan telah menyiapkan panduan akses website jurusan dalam bentuk user manual. Mulai dari langkah-langkah pembuatan berita, bagaimana kaidah berita yang baik dan benar, sampai apa saja hak dan batasan himpunan dalam mengakses ini. Panduan ini bermanfaat agar semua dapat belajar mengelola website. Akhir kata, besar harapan jurusan dengan adanya diskusi bersama ini, Teknik Industri Unsoed dapat menambah nilai positif terutama di kalangan pengunjung websitenya.

Ingin Bertanya ? Butuh Bantuan ?