Tim Teknik Industri Unsoed ikut kontes Industrial Challenge 2019 di ITS Surabaya

Tim dari Teknik Industri Unsoed mengikuti Industrial Challenge (Inchall) 2019 yang diseleggarakan di Teknik Industri , ITS , Surabaya , pada sabtu-minggu  12-13 April 2019.  Ini merupakan kali pertama tim dari Teknik Industri Unsoed ikut serta dalam kontes tersebut. Tim yang bernama MaskuLean digawangi oleh 3 mahasiswa teknik industri angkatan 2016 yang terdiri dari : Rizky Cahyo Guntoro , Zalfaa , dan Astri Rahmalia , dengan dibimbing langsung oleh Rani Aulia Imran , ST, MT. Awalnya dari teknik industri Unsoed mendaftarkan 2 tim untuk mengikuti kontes ini , namun satu tim tidak lolos pada babak pre-eliminary yang berupa online test.

Inchall sendiri rutin dihelat setiap tahun oleh Teknik Industri ITS. Inchall 2019 bertemakan “Lean Manufacturing to Achieve Cost Efficiency “. Kontes ini terdiri dari beberapa babak yang menggunakan sistem gugur, tim yang lolos yang berhak maju ke babak berikutnya. Ada tiga babak , yaitu : Pre-eliminary , semifinal dan grand final. Tim yang lolos pada babak pre-eliminary berhak tampil dalam semi final yang bertempat di ITS Surabaya.Total 90 tim harus terlebih dahulu berkompetisi di babak penyisihan yang dilaksanakan secara online selama seminggu. Dari penyisihan itulah, 15 tim terbaik terpilih untuk ke babak semifinal dan grand final. 15 peserta tersebut berasal dari berbagai negara di Asia yakni Thailand, Taiwan, Vietnam dan Indonesia yang akan adu keilmuwan di bidang Teknik Industri seperti manufacturing. ke 15 tim ini nantinya akan dibawa ke PT INKA di Madiun pada Senin (16/4). MaskuLean dari Teknik Industri Unsoed sendiri termasuk dari 15 tim terbaik yang berhak tampil di semifinal.

Pada tahap semifinal , tim MaskuLean ditantang menyelesaikan kompetisi dengan metode pos yang mewakili setiap laboratorium yang ada di Teknik Industri ITS. Salah satu challenge pada tahap semifinal yaitu praktik merancang piston secara cepat. Keluar sebagai Juara 1 dari ITS sebagai tuan rumah , juara 2 dan 3 direbut tim dari ITB , juara 3 diraih tim dari UGM , sedangkan juara 5 diraih Universitas Surabaya. Walaupun tim MaskuLean belum berhasil masuk babak final dan merebut salah satu juara , namun ini merupakan langkah awal yang sangat baik bagi teknik industri Unsoed , dan juga sebagai contoh dan motivasi untuk angkatan-angkatan selanjutnya untuk dapat meraih prestasi yang lebih baik kedepannya di ajang event internasional.

  • Kunjungan ke PT Inka
Ingin Bertanya ? Butuh Bantuan ?