Teknik Industri Unsoed Berhasil Meraih Juara 3 Poster Competition dalam ErgoCamp 2019

ErgoCamp 2019 atau Ergonomics Summer Camp 2918 merupakan kompetisi tahunan antar Universitas mengenai Ergonomi yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro dimana untuk tahun ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Agustus 2019 sampai dengan Minggu, 25 Agustus 2019 di Semarang. Sebagai mahasiswa jurusan Teknik Industri, pengetahuan mengenai Ergonomi ini merupakan aspek yang penting, maka dari itulah Universitas Jenderal Soedirman ikut mengirimkan delegasinya untuk menambah wawasan dan pengalaman. Ada satu tim yang dikirimkan, yang terdiri dari Afi Aulia R., Andhika Akbar K., Zahra Winiadesta, dan Milena Novita P, atau yang disebut dengan Tim INERSUN, semuanya dari Teknik Industri angkatan 2017. Adapun tema yang diangkat untuk ErgoCamp 2019 ini adalah Iceberg of Ergonomics, maksudnya adalah permasalahan ergonomi itu luas, tidak hanya tentang antropometri maupun kognitif.

Tim INERSUN bersama Dosen Pembimbing dan Bapak Yassierli

Juara 3 Poster Competition ErgoCamp 2019

Secara singkatnya, kegiatan utama dari ErgoCamp 2019 ini ada Action Class, Sharing Session, City Tour, dan Poster Competition. Peserta ErgoCamp 2019 ini mencapai 30 tim dari berbagai Universitas di Indonesia, seperti ITB, UI, ITS, UGM, UNPAR, UB, dll. Pada hari pertama rangkaian acaranya diawali dengan Seminar utama, dengan tema “Ergonomics Role Now and Then” oleh Bapak Yassierli, Ph.D., sebagai Ketua Perhimpunan Ergonomi Inonesia, dengan bertempat di Aula FPIK. Seperti biasa, seminar ini diisi dengan penyampaian materi dan sesi tanya jawab. Setelah ishoma, masuk ke rangkaian selanjutnya yaitu Kumpul Ide, dimana peserta ErgoCamp 2019 ini akan membahas isu keteknikindustrian yang dibagi menjadi 4 kelas dengan dibimbing oleh pakarnya sesuai dengan tema masing-masing. Adapun 4 tema itu adalah “Quality of Working Life”, “Ergonomics for People with Disability”, “Aspek Ergonomic dalam Dunia Pertanian”, “Biomimicry in Product Design and How to Test it”. Hasil dari sesi ini adalah dibuatnya poster berkelompok dari kasus yang diberikan sesuai dengan tema setiap kelasnya yang kemudian akan dipilih poster terbaik dan dapat dipresentasikan saat Gala Dinner.

 

Sesi Foto Bersama

Sesi terakhir di hari pertama dari rangkaian acara ErgoCamp 2019 adalah Gala Dinner yang diadakan di Ballroom Hotel Amanda Hills Bandungan Semarang. Peserta disuguhkan makan malam dengan duduk bersama peserta dari universitas yang berbeda, diiringi dengan hiburan berupa penampilan musik. Dari poster berkelompok yang sudah dibuat pada sesi sebelumnya, dipilih satu yang terbaik untuk dipresentasikan. Kelompok yang terbaik saat presentasi kasus ini juga diberi hadiah oleh panitia. Selain juara presentasi, pada gala dinner ini juga dilakukan voting untuk poster tim terbaik dari seluruh universitas yang sudah dikirimkan dari awal ErgoCamp 2019 ini berlangsung. Sebelumnya telah dipilih 5 poster tim terbaik kemudian ditempel posternya agar para pesertanya dapat memilih 3 terbaik. Dan keluarlah hasil dengan Tim INERSUN dari Unsoed meraih juara 3 poster competition ini. Tim ini memenangi kompetisi dengan membawa topik inovasi desain kloset ergonomis.

Di hari kedua dari rangkaian ErgoCamp 2019 ini, peserta diberi kesempatan untuk memperat ikatan satu sama lain. Peserta dibawa ke spot-spot khas Semarang yaitu Candi Gedong Songo, Lawang Sewu, dan tempat oleh-oleh. Di lokasi pertama, diadakannya sesi game, yang menambah keseruan acara ini, dengan hasilnya adalah kelompok dengan perolehan menyelesaikan tantangan terbanyak. Kemudian setelah ishoma, peserta diminta untuk duduk berkelompok dengan universitas yang berbeda, untuk membuat kerajinan tangan berupa Wayang Suket dengan bahan dasarnya yaitu suket atau ilalang. Wayang Suket ini salah satu yang khas dari Kota Semarang. Sampaila kita di sesi terakhir dari ErgoCamp 2019 ini yaitu foto bersama seluruh peserta. Semoga dengan keikutsertaan tim Teknik Industri Unsoed ini dapat memicu semangat ikut kompetisi mahasiswa-mahasiswa yang lainnya.

Ingin Bertanya ? Butuh Bantuan ?