Kuliah Tamu Manajemen Pengadaan

Pada kesempatan kali ini, program studi Teknik industri Unsoed menggelar kuliah tamu mengenai manajemen pengadaan. Kuliah tamu dengan judul “Sentralisasi Pengadaan di Lingkungan PT  Pupuk Indonesia (Persero) Group yang diadakan pada 10 Juni 2022 ini diadakan secara online melalui aplikasi Zoom yang mendapat banyak antusiasme dari mahasiswa dan dosen. Pada kuliah tamu ini menghadirkan Bapak Mantya Hevar Rysta Kasih, S.T., M.T., DPL.IWI., CSCA sebagai pembicara. Beliau merupakan vendor dan supplier relationship management di PT Pupuk Indonesia (Persero).

Dalam pembahasannya pemateri memberikan penjelasan mengenai praktik dan keadaan aktual manajemen pengadaan. Peserta kuliah tamu diberi penjelasan mengenai Target Operating Model atau TOM serta strategi sentralisasi pengadaan dengan jelas. Pembicara juga membahas mengenai batasan proses serta kriteria kategori manajemen. Dimana flaging proses sentralisasi pengadaan di PI ternyata dilakukan berdasarkan kombinasi item scope of supply (SOS) dan Batasan Nilai Pengadaaan per PR.

Selain pembahasan terkait dengan topik manajemen pengadaan pemateri memberikan pemaparan terkait dengan profil dari PT Pupuk Indonesia (Persero) mulai dari visi transformasi perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), Struktur Organisasi perusahaan, Tujuan strategi & target operating model, highlight komoditi utama barang dan jasa perusahaan dan juga penjelasan umum terkait dengan proses produksi hingga distribusi produk di PT Pupuk Indonesia (Persero).