Workshop Kurikulum 2023 : Pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) pada Kurikulum berbasis OBE

Kurikulum merupakan komponen utama dalam proses pendidikan di tingkatan apapun. Kurikulum berisi tujuan dan isi serta bahan pelajaran sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Perkembangan dan perubahannya dipengaruhi oleh beragam aspek mulai dari kebutuhan masyarakat , kebutuhan dunia kerja,  peserta didik,   maupun arah program pendidikan, hingga perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kurikulum OBE sendiri merupakan kurikulum yang berfokus pada pencapaian pembelajaran dimana pendidikan tidak hanya berpusat pada materi yang harus diselesaikan namun juga outcome.

Secara sederhana kurikulum ini menekankan proses pembelajaran yang dapat menghasilkan outcome serta untuk memastikan hasil pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya dalam RPS.

Kegiatan dilakukan di hotel Aston International , pada hari selasa – rabu , 25 – 26 Juli 2023. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik , Prof. Agus Maryoto , kemudian dilanjutkan oleh Ketua Jurusan , untuk mengarahkan target kerja apa saja yang harus dicapai dalam workshop ini. Selanjutnya oleh Maria Krisnawati , ST., MT , dengan penjelasan contoh dan format penilaian CPL dan CPMK per mata kuliah dan per mahasiswa. Disambung pada sesi berikutnya oleh Amanda Sofiana , ST.MT dengan memberikan matrix penilaian CPMK yang lebih runut , rapi dan sistematis.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dalam perubahan kurikulum dan penyusunan RPS dalam revisi kurikulum 2024, tujuan dan target besarnya untuk mencapai Akreditasi International.