Di tengah pandemi , Dosen Teknik Industri gelar pelatihan dan halal bihalal secara online

Pandemi covid-19 yang sudah berlangsung mulai dari pertengahan maret 2020 hingga memasuki bulan suci ramadhan kemudian masih tetap tinggi grafik penyebarannya di bulan Syawal membuat Pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan dan peraturan terkait hal tersebut. Kebijakan awal dan sudah berjalan di dunia pendidikan salah satunya adalah Work from Home bagi Dosen dan Tenaga Pendidikan di lingkungan kampus , tak terkecuali Unsoed. Menyikapi hal tersebut , seluruh kegiatan akademik ataupun non akademik disesuaikan proses , prosedur dan mekanisme nya agar tidak melanggar peraturan Pemerintah , salah satunya untuk tetap bekerja di rumah masing-masing dan melakukan pekerjaan dengan online.

Salah satu agenda akademik yang diadakan jurusan Teknik Industri adalah pelatihan eldiru atau e-learning bagi dosen yang dilakukan secara online. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari rencana aktualisasi Pra-jabatan dari Katon Muhammad. Topik pelatihan adalah bagaimana membuat ujian (UTS/UAS) melalui sistem eldiru/e-learning yang sediakan Unsoed dan bagaimana melakukan conference layaknya google meet menggunakan e-learning unsoed dengan fitur Big Blue Button (BBB). Para peserta juga diberikan kesempatan untuk mencoba mempraktekkan secara mandiri untuk menggunakan fitur BBB dan membuat ujian online dengan berbagai bentuk soal. Setelah pelatihan selesai dilakukan , peserta pelatihan diberikan post-test sebagai bentuk evaluasi dari materi yang telah disampaikan. Walaupun dilakukan secara online , tidak mengurangi substansinya sedikitpun

Kemudian ketika datang hari yang ditunggu untuk ummat Islam , yaitu hari Idul Fitri atau hari Lebaran , yang mana untuk semua yang merayakannya lazimnya melakukan silaturahmi untuk saling memaafkan dan halal bihalal untuk menyambung dan mempererat lagi tali persahabatan dan kekeluargaan. Namun melihat kondisi pandemi yang belum menampakkan tanda-tanda akan selesai , Pemerintah sejak dari pertengahan bulan Ramadhan melarang seluruh kegiatan keagamaan yang dilakukan secara bersama dan menyebabkan kerumunan orang , yang umumnya dari tahun ke tahun selalu dilakukan seperti halnya sholat tarawih , sholat idul fitri , mudik lebaran , termasuk silaturahmi dan halal bihalal.

Dengan tetap mengikuti aturan dan himbauan dari Pemerintah , Dosen di jurusan Teknik Industri Unsoed pun melakukan halal bihalal secara online. Halal bihalal di awali dengan tausiyah dan mauidhoh khasanah yang disampikan oleh Musmuallim , kemudian dilanjutkan acara saling memaafkan dan obrolan hangat khas halal bihalal. Kendatipun kegiatan ini dilakukan secara online,tanpa makanan , kue , roti dan jajanan khas lebaran , suasana hikmat dan  syahdu tetap menyelimuti. Kegiatan kemudian ditutup dan akhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ahmad Yusuf , yang diamini oleh seluruh dosen yang hadir.

Ingin Bertanya ? Butuh Bantuan ?