Kuliah Umum “Pendampingan Teknologi Mesin 3D Printing untuk mendukung Industri 4.0”

Pada hari Rabu, 10 April 2019, Teknik Industri Universitas Jenderal Soedirman telah berhasil mengadakan Kuliah Umum bertempat di Aula Gedung A Fakultas Teknik UNSOED Purbalingga Jawa tengah.  Kuliah umum ini berjudul “Pendampingan Teknologi Mesin 3D Printing untuk mendukung Industri 4.0”. Dengan pemateri adalah Dr. Eng. Herianto,S.T.,M.Eng., dosen Departemen Teknik Mesin dan Industri UGM. Pada kuliah umum ini dihadiri oleh dosen Teknik Industri UNSOED dan seluruh mahasiswa/I Teknik Industri UNSOED.

Kuliah umum tersebut diawali dengan pembukaan oleh Niko Siameva Uletika,S.T.,M.Eng., selaku Ketua Jurusan Teknik Industri UNSOED. Pembicara menyampaikan materi mengenai perkembangan mesin cetak tiga dimensi atau yang dikenal dengan 3D printing. Teknologi mesin 3D printing ini merupakan hasil riset beliau berkolaborasi dengan para mahasiswa serta alumni UGM.

Ibu Niko menyampaikan pembukaan.

Heri mengaku bahwa awalnya membeli produk 3D printing secara impor. Kemudian dari barang tersebut Heri bersama timnya membongkar semua komponen yang ada pada mesin tersebut agar dapat membuat mesin yang sama namun dengan harga yang terjangkau.

Bapak Heri menyampaikan materi kuliah umum.

Dalam kuliah umum tersebut terdapat interaksi sesi tanya jawab antara mahasiswa dan pembicara. Peserta banyak sekali mendapatkan pengetahuan mengenai sebuah mesin 3D yang dapat dikembangkan dan digunakan untuk mendukung konsep Industri 4.0.

Sesi tanya jawab.

Pada akhir sesi acara, mahasiswa diperbolehkan melihat bagaimana proses pembuatan sebuah produk yang telah didesain melalui software. Dengan adanya 3D printing, dapat dibuat sebuah konsep produk sampai menjadi suatu produk jadi ataupun sebuah ide hingga menjadi kenyataan. Selain itu kelebihan dari 3D printing adalah dapat membuat produk yang unik dan berbeda sesuai dengan keinginan dan preferensi kita sendiri.

Mahasiswa melihat langsung proses 3D printing.

Ingin Bertanya ? Butuh Bantuan ?